Blogger Widgets

Kamis, 25 April 2013

Dinamo stater

Dinamo stater adalah komponen utama dalam electric stater.
Kemarin kita bahas tentang cara kerja dari dinamo stater yaitu dimulai dari baterei kemudian ke relay stater (stater otomatis) kemudian memutar dinamo stater.
Pada dinamo stater ada beberapa komponen yang berperan aktif sehingga motor stater bisa berputar.

http://abangirengku.com/wp-content/uploads/2013/03/wpid-IMG_20130312_0805511.jpg

Komponen dinamo stater diantaranya
1)  armatur

http://abangirengku.com/wp-content/uploads/2013/03/wpid-wpid-1349602026399.jpg
Pada komponen ini terdiri atas sebatang besi yang berbentuk silinder dan diberi beberapa slot untuk melilitkan kawat tembaga menjadi sebuah kumparan.komponen ini berfungsi untuk merubah energi listrik menjadi energi mekanik, atau gerak putar.
Lilitan pada slot armatur dibuat banyak agar kumparan menghasilkan gaya electromagnetik sehingga mampu memutar poros engkol dengan sempurna
2)  komutator
Komutator ini sebagai alat penghubung antara kumparan dan brush.disinilah tempat untuk mengalirkan arus listrik dalam posisi berputar.arus listrik mengalir lewat brush mengalir ke armatur melalui komutator ini.
3)  bearing
Sesuai fungsi dari bearing yaitu sebagai bantalan sekaligus  dapat meringankan gaya putar poros karna kecilnya gaya gesek.
4)  Poros armatur
Poros armatur berfungsi Sebagai dudukan armatur.selain itu juga sebagai poros bubungan yang memutar poros engkol melalui gigi reduksi agar putaran lebih ringan.
5)  brush
Brush (sikat) dibuat dari tembaga lunak, dan berfungsi untuk meneruskan arus listrik ke armature coil langsung ke massa melalui komutator
Motor starter pada sepeda motor ada yang mempunyai dua buah sikat (satu sikat posisitf dan satu sikat negatif) dan empat buah sikat (dua sikat positif dan dua sikat negatif) tergantung dari beban mesin yang akan diputar. Biasanya motor starter dengan empat buah sikat hanya digunakan pada sepeda motor besar
6)  magnet
Magnet berfungsi sebagai pengubah energi listrik menjadi gerak.prosesnya ketika kumparan dialiri sebuah arus maka kumparan akan berputar karna pertemuan kutup yang sama,kutup dari magnet dan kutup dari kumparan yang timbul akibat arus listrik.
7)  tutup motor stater
Sebagai wadah atau tempat dari magnet.selain itu juga sebagai pelindung dari komponen yang ada di dalamnya
8)  pemegang brush dan tutup depan
Sebagai dudukan brush juga berfungsi sebagai tutup dinamo stater
 http://abangirengku.com/wp-content/uploads/2013/03/wpid-wpid-1349601935481.jpg 

Dinamo stater bekerja karna adanya perubahan energi listrik menjadi energi mekanik.sedangkan untuk memutar dinamo stater di butuhkan arus yang sangat besar (sekitar 40 ampere) untuk itulah di gunakan kabel yang besar.selain itu dibutuhkan relay stater/stater otomatis atau di dunia bengkel “ndeso” :-) biasa di sebut bendik agar switch tidak meleleh.

Membongkar Dinamo Starter Sepeda Motor

 

Motor starter atau penggerak starter elektrik biasa disebut dengan nama dynamo starter. Untuk motor bore up, biasanya diganti dinamo variasi yang katanya lebih kuat. Faktor apakah yang bikin dinamo itu lebih kuat memutar motor yang cc-nya sudah besar?

“Karena Kekuatan dinamo dipengaruhi tahanan dari lilitannya,”
Untuk memperkecil tahanan lilitan dinamo, caranya aplikasi kawat lilitan yang lebih besar. “Sehingga punya penampang lebih luas dan kawat lilitan tidak panjang,”
Sengaja supaya tidak pusing. Formula daya motor listrik system DC yaitu P = V x I. Arti P adalah daya motor listrik dalam satuan watt. V tegangan (volt) dan I arus listrik dalam satuan ampere.
Dinamo Standar 72 Watt
Dinamo starter Yamaha Mio standar punya hambatan lilitan 2 ohm. Sesuai dengan besar kawat lilitannya yang 0,8 mm. Jika menggunakan aki 12 volt, menggunakan rumus daya dinamo bisa diketahui kekuatannya.
Dari rumus P = V x I sudah didapat V = 12 volt. Tinggal mencari tahu harga I (ampere). Bisa dicari dari rumus tegangan V = I x R atau I = V/R. Artinya R yaitu hambatan yang punya satuan ohm.
Jadi, arus listriknya yaitu I = 12 volt/2 ohm = 6 ampere. Maka daya motor listrik standar Mio yaitu P = 12 volt x 6 ampere = 72 watt.
TDR Punya Daya Dua Kali Lipat
Perhitungan daya motor starter elektrik dilanjut pada merek TDR. Dari pengukuran punya hambatan lilitan 1,1 ohm. Sedang besarnya diameter kawat lilitan 1,8 mm.
Dari rumus daya P = V x I sudah didapat tegangan aki V = 12 volt. Tinggal mencari tahu harga I (ampere). Bisa dicari dari rumus tegangan V = I x R atau I = V/R. Artinya, R yaitu hambatan yang satuannya ohm.
Jadi, arus listriknya yaitu I = 12 volt/1,1 ohm = 10,9 ampere. Maka daya motor listrik TDR yaitu P = 12 volt x 10,9 ampere = 130,8 watt. Ini menandakan dinamo TDR punya kekuatan hampir dua kali lipat dinamo starter Mio. Dari speknya direkomendasi untuk mesin sampai 280 cc dengan aki 12 volt/7 ampere.
Mitsuba 4 Kali Lipat
Terakhir, dinamo starter Mitsuba yang katanya paling kuat. Sanggup memutar mesin sampai dengan 350 cc. Dari pengukuran yang dilakuan Tomy Huang, katanya produk ini punya hambatan 0,5 ohm. Besar diameter kawat lilitan 1,8 mm, gedenya sama dengan punya TDR. Tapi hambatan lilitan Mitsuba kecil lantaran kawatnya bagus. Punya hambatan dalam kecil.
Menggunakan rumus daya P = V x I, sudah didapat tegangan aki V = 12 volt. Namun kudu mencari tahu harga I (ampere). Bisa dicari dari rumus tegangan V = I x R atau I = V/R. Artinya R yaitu hambatan dalam satuan ohm.
Jadi, arus listriknya yaitu I = 12 volt/0,5 ohm = 24 ampere. Maka, daya motor listrik Mitsuba yaitu P = 12 volt x 24 ampere = 288 watt. Artinya punya kekuatan hampir 4 kali lipat dinamo starter Mio. Pantas jika kuat untuk mesin sampai 350 cc.

0 komentar:

Poskan Komentar