Dinamo stater adalah komponen utama dalam electric stater.
Kemarin kita bahas tentang cara kerja dari dinamo stater yaitu
dimulai dari baterei kemudian ke relay stater (stater otomatis) kemudian
memutar dinamo stater.
Pada dinamo stater ada beberapa komponen yang berperan aktif sehingga motor stater bisa berputar.
Komponen dinamo stater diantaranya
1) armatur
Pada komponen ini terdiri atas sebatang besi yang berbentuk silinder
dan diberi beberapa slot untuk melilitkan kawat tembaga menjadi sebuah
kumparan.komponen ini berfungsi untuk merubah energi listrik menjadi
energi mekanik, atau gerak putar.
Lilitan pada slot armatur dibuat banyak agar kumparan menghasilkan
gaya electromagnetik sehingga mampu memutar poros engkol dengan sempurna
2) komutator
Komutator ini sebagai alat penghubung antara kumparan dan
brush.disinilah tempat untuk mengalirkan arus listrik dalam posisi
berputar.arus listrik mengalir lewat brush mengalir ke armatur melalui
komutator ini.
3) bearing
Sesuai fungsi dari bearing yaitu sebagai bantalan sekaligus dapat meringankan gaya putar poros karna kecilnya gaya gesek.
4) Poros armatur
Poros armatur berfungsi Sebagai dudukan armatur.selain itu juga
sebagai poros bubungan yang memutar poros engkol melalui gigi reduksi
agar putaran lebih ringan.
5) brush
Brush (sikat) dibuat dari tembaga lunak, dan berfungsi untuk
meneruskan arus listrik ke armature coil langsung ke massa melalui
komutator
Motor starter pada sepeda motor ada yang mempunyai dua buah sikat
(satu sikat posisitf dan satu sikat negatif) dan empat buah sikat (dua
sikat positif dan dua sikat negatif) tergantung dari beban mesin yang
akan diputar. Biasanya motor starter dengan empat buah sikat hanya
digunakan pada sepeda motor besar
6) magnet
Magnet berfungsi sebagai pengubah energi listrik menjadi
gerak.prosesnya ketika kumparan dialiri sebuah arus maka kumparan akan
berputar karna pertemuan kutup yang sama,kutup dari magnet dan kutup
dari kumparan yang timbul akibat arus listrik.
7) tutup motor stater
Sebagai wadah atau tempat dari magnet.selain itu juga sebagai pelindung dari komponen yang ada di dalamnya
8) pemegang brush dan tutup depan
Sebagai dudukan brush juga berfungsi sebagai tutup dinamo stater
Dinamo stater bekerja karna adanya perubahan energi listrik menjadi
energi mekanik.sedangkan untuk memutar dinamo stater di butuhkan arus
yang sangat besar (sekitar 40 ampere) untuk itulah di gunakan kabel yang
besar.selain itu dibutuhkan relay stater/stater otomatis atau di dunia
bengkel “ndeso” biasa di sebut bendik agar switch tidak meleleh.
Membongkar Dinamo Starter Sepeda Motor
Motor
starter atau penggerak starter elektrik biasa disebut dengan nama
dynamo starter. Untuk motor bore up, biasanya diganti dinamo variasi
yang katanya lebih kuat. Faktor apakah yang bikin dinamo itu lebih kuat
memutar motor yang cc-nya sudah besar?
“Karena Kekuatan dinamo dipengaruhi tahanan dari lilitannya,”
Untuk memperkecil tahanan lilitan dinamo, caranya aplikasi kawat lilitan
yang lebih besar. “Sehingga punya penampang lebih luas dan kawat
lilitan tidak panjang,”
Sengaja supaya tidak pusing. Formula daya motor listrik system DC yaitu P
= V x I. Arti P adalah daya motor listrik dalam satuan watt. V tegangan
(volt) dan I arus listrik dalam satuan ampere.
Dinamo Standar 72 Watt
Dinamo starter Yamaha Mio standar punya hambatan lilitan 2 ohm. Sesuai dengan besar kawat lilitannya yang 0,8 mm. Jika menggunakan aki 12 volt, menggunakan rumus daya dinamo bisa diketahui kekuatannya.
Dari rumus P = V x I sudah didapat V = 12 volt. Tinggal mencari
tahu harga I (ampere). Bisa dicari dari rumus tegangan V = I x R atau I =
V/R. Artinya R yaitu hambatan yang punya satuan ohm.
Jadi, arus listriknya yaitu I = 12 volt/2 ohm = 6 ampere. Maka daya
motor listrik standar Mio yaitu P = 12 volt x 6 ampere = 72 watt.
TDR Punya Daya Dua Kali Lipat
Perhitungan daya motor starter elektrik dilanjut pada merek TDR. Dari pengukuran punya hambatan lilitan 1,1 ohm. Sedang besarnya diameter kawat lilitan 1,8 mm.
Dari rumus daya P = V x I sudah didapat tegangan aki V = 12 volt.
Tinggal mencari tahu harga I (ampere). Bisa dicari dari rumus tegangan V
= I x R atau I = V/R. Artinya, R yaitu hambatan yang satuannya ohm.
Jadi, arus listriknya yaitu I = 12 volt/1,1 ohm = 10,9 ampere. Maka daya
motor listrik TDR yaitu P = 12 volt x 10,9 ampere = 130,8 watt. Ini
menandakan dinamo TDR punya kekuatan hampir dua kali lipat dinamo
starter Mio. Dari speknya direkomendasi untuk mesin sampai 280 cc dengan aki 12 volt/7 ampere.
Mitsuba 4 Kali Lipat
Terakhir, dinamo starter Mitsuba yang katanya paling kuat. Sanggup memutar mesin sampai dengan 350 cc. Dari pengukuran yang dilakuan Tomy Huang, katanya produk ini punya hambatan 0,5 ohm. Besar diameter kawat lilitan 1,8 mm, gedenya sama dengan punya TDR. Tapi hambatan lilitan Mitsuba kecil lantaran kawatnya bagus. Punya hambatan dalam kecil.
Menggunakan rumus daya P = V x I, sudah didapat tegangan aki V = 12
volt. Namun kudu mencari tahu harga I (ampere). Bisa dicari dari rumus
tegangan V = I x R atau I = V/R. Artinya R yaitu hambatan dalam satuan
ohm.
Jadi, arus listriknya yaitu I = 12 volt/0,5 ohm = 24 ampere. Maka, daya
motor listrik Mitsuba yaitu P = 12 volt x 24 ampere = 288 watt. Artinya
punya kekuatan hampir 4 kali lipat dinamo starter Mio. Pantas jika kuat
untuk mesin sampai 350 cc.
0 komentar:
Posting Komentar